Sunday, May 1, 2011

Selamatkan Driver Laptop

 

Pada perangkat simpel Laptop, terpasang berbagai macam alat yang mendukung kinerjanya. Seperti Camera, Bluetooth,Wi-fi,  Trackpad, Monitor, Card reader, modem,  dll(tergantung merk-nya). Alat-alat tersebut tidak semua bisa bekerja pada Operating System yang kita gunakan, tanpa bantuan driver (software yang mendukung kerja suatu alat). Driver ini biasanya disertakan oleh pabrik pembuatnya, pada awal pembelian, dalam bentuk CD/DVD. Nah, masalahnya driver itu tidak Cuma satu. Tapi satu alat butuh satu driver.  Jadi semakin banyak alat yang terpasang pada Laptop semakin banyak driver yang dibutuhkan. Maka untuk instalasi driver-pun butuh waktu yang cukup lama.
Solusi untuk mempercepat install driver, sekaligus meringkas aneka ragam driver, juga meringkas memory penyimpanan drivernya. Kita bisa menggunakan sebuah software yaitu, Double Driver. Bisa download disini, Software mungil dan freeware ini berukuran kurang lebih 2Mb, mampu mendeteksi Sekaligus membackup semua driver yang terpasang pada Laptop kita. Dan, apabila suatu saat laptop jadi trouble karena virus atau ingin memperbarui System Operasinya, tidak usah susah-susah lagi meng-install driver satu persatu. Dengan sekali restore, Double driver akan langsung memasang driver-driver yang ter-backup tadi.
Untuk perbandingan, saat restore driver dari backup-an Double Driver,  cuma butuh waktu kurang dari 10menit, Setara menginstall sebuah camera Laptop. Sedangkan ukuran backup kurang lebih Cuma 50Mb komplit.
Sedia payung sebelum hujan, Selamatkan driver laptop sebelum keduluan oleh virus yang menyerang. Dan satu hal yang perlu diingat. Jangan sampai Laptopmu ke-hu-ja-nan ……………, oke Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment