Friday, April 15, 2011

Supaya battery laptop jadi awet

Karena keterbatasan kita dalam berbahasa inggris, kadang kita jadi malas baca-baca maintenance manual yang disertakan di setiap pembelian laptop. Lalu kita asal-asalan saja me-recarge (mengisi battery) tanpa pernah memperhatikan apakah battery masih full atau sudah kosong. Padahal pengisian battery yang terlalu sering akan mempersingkat umur battery. Akibatnya, laptop kita jadi manja dengan keberadaan stop kontak, alias battery-nya tekor. Nah, kalo dah gitu kita sendiri yang repot kan ?

Berikut tips-tips merawat battery laptop agar tahan lama (awet) sebagai berikut :

1. Lihat label pada battery laptop anda, jika berjenis Li-ion, maka untuk me-recharge sebaiknya tunggu sampai battery benar-benar habis, jangan kuatir, sebab system windows akan memberitau jika sudah saatnya mengisi. Tapi jika battery anda masih dalam keadaan Full, anda bisa langsung merecarge laptop anda, karena jika battery full system akan memutus aliran yang masuk ke battery dan supply laptop langsung diambil dari tegangan listrik

2. Untuk penggunaan laptop yg tidak terlalu penting, seperti buat nonton film, main game atau sekedar lihat-lihat foto keluarga, anda bisa melepas battery laptop,agar panas dari dalam komponen laptop tidak berpengaruh pada battery

3. Jangan menggunakan battery dan charger laptop yang tidak kompatibel(beda merk atau pinjam punya teman?)

4. Hindari kebiasaan menggunakan laptop di pangkuan paha, di atas karpet, maupun di atas kasur karena hal itu akan menutup lobang-lobang sirkulasi udara yang ada dibawah laptop.

5. Redupkan pengaturan layar (monitor) jika cahaya ruangan cukup terang, selain hemat battery juga agar mata anda tidak cepat lelah.

6. Baca petunjuk penggunaan manual dari pabrik pembuat laptop , mungkin ada petunjuk yang lebih pas buat laptop anda.

Demikian sedikit tips, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat yang memerlukan…..

No comments:

Post a Comment